Jaringan Syaraf Tiruan dan Cloud Computing

Posted: March 30, 2014 in Uncategorized

Penerapan Komputasi Awan.

Cloud Computing Application.

 

Nama          : Nur Fadly Muhammad
NPM           : 55410124
Kelas         : 4IA15
Email         : devilcool46@gmail.com

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gundarama

 

ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang begitu pesat di era informatika ini telah banyak memberikan kontribusi baik langsung maupun tidak langsung kepada berbagai bidang ilmu disiplin yang ada. Segala sesuatu dituntut dapat dikerjakan dengan tepat sesuai tujuan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Hal ini berkaitan erat dengan pembentukan berbagai macam algoritma yang mana diimplementasikan dalam sebuah program komputer, salah satu bentuk nyatanya adalah dengan adanya komputasi modern seperti cloud computing dan jaringan syaraf tiruan.

Kata Kunci : cloud computing, Penerapan Cloud Computing.

Technology development that was so advanced in the era of information it has been much contributing either directly or indirectly to various the field of science discipline that exist.Everything prosecuted workable by precise accordance purpose in time sesingkat-singkatnya.It is closely related to the formation of various sorts of algorithmic things which implemented in a computer program, one form in fact is the computing modern as cloud computing and artificial neural network.

Keywords: cloud computingPenerapan Cloud Computing.

PENDAHULUAN

Teknologi yang semakin berkembang pesat menciptakan sebuah inovasi-inovasi baru yang didalamnya berisi berbagai macam perhitungan, algoritma dan semacamnya dan diterapkan didalam sebuah komputer. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah segala kegiatan manusia terutama dalam menyelesaikan sebuah masalah secara cepat dan memberi solusi yang tepat.

Perkembangan teknologi membentuk sekumpulan cara yang disebut komputasi modern. Didalamnya terkumpul berbagai macam cara yang mengarahkan suatu penyelesaian masalah nyata dengan menggunakan algoritma yang tepat dan mengimplementasikan dalam sebuah komputer.

METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka untuk mendapatkan informasi pendukung tentang komputasi modern, kemudian dilanjutkan dengan sebuah observasi terhadap salah satu contoh komputasi modern seperti cloud computing, lalu melakukan sebuah analisis dari data-data yang telah didapat dan interpretasi dari tahap sebelumnya.

PEMBAHASAN

Cloud Computing

Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan).  Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer dibawah. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam cloud computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

5

Gambar 1. Ilustrasi Cloud Computing

(http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Cloud_computing-id.svg)

Sejarah Komputasi Awan

Di tahun 50-an, Cloud Computing memiliki konsep yang mendasar. Ketika komputer mainframe yang tersedia dalam skala yang besar dalam dunia pendidikan dan perusahaan dapat diakses melalui komputer terminal disebut dengan Terminal Statis. Terminal tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi tetapi tidak memiliki kapasitas pemrosesan internal. Agar penggunaan mainframe yang relatif mahal menjadi efisien maka mengembangkan akses fisik komputer dari pembagian kinerja CPU. Hal ini dapat menghilangkan periode tidak aktif pada mainframae, memungkinkan untuk kembali pada investasi. Hinga pertengahan tahun 70-an dikenal dengan RJE remote proses Entry Home Job yang berkaitan besar dengan IBM dan DEC Mainframe.

Tahun 60-an, John McCarthy berpendapat bahwa “Perhitungan suatu hari nanti dapat diatur sebagai utilitas publik.” Di buku Douglas Parkhill, The Challenge of the Computer Utility menunjukkan perbandingan idustri listrik dan penggunaan pada listrik di masyarakat umum dan pemerintahan dalam penyediaan cloud computing. Ketika Ilmuan Herb Grosch mendalilkan bahwa seluruh dunia akan beroperasi pada terminal bodah didukung oleh sekitar 15 pusat data yang besar. Karena komputer ini sangat canggih, banyak perusahaan dan entitas lain menyediakan sendiri kemampuan komputasi melalui berbagai waktu danbeberapa organisasi, seperti GE GEISCO, Anak perusahaan IBM Biro Corporation, Tymshare, CSS Nasional, Data Dial, Bolt, dan Beranek and Newman.

Tahun 90-an, perusahaan telekomunikasi mulai menawarkan VPN layanan jaringan pribadi dengan kualitas sebanding pelayanannya, tapi dengan biaya yang lebih rendah. Karena merasa cocok dengan hal tersebut untuk menyeimbangkan penggunaan server, mereka dapat menggunakan bandwidth jaringan secara keseluruhan. Lalu menggunakan simbol awan sebagai penunjuk titik demarkasi antara penyedia dan pengguna yang saling bertanggung jawab. Cloud computing memperluas batas iniuntuk menutup server serta infrastruktur jaringan.

Sejak Tahun 2000, Amazon sebagai peran penting dalam semua pengembangan cloud computing dengan memodernisasi pusat data, seperti jaringan komputer yang menggunakan sesedikit 10% dari kapasitas mereka pada satu waktu. Setelah menemukan asitektur awan baru, mengalami peningkatan efisiensi internal sedikit bergerak capat “Tim Dua-Pizza”(Tim kecil untuk memberi makan dengan dua pizza) dapat menambahkan fitur baru dengan cepat dan lebih mudah. Kemudian Amazon mulai mengembangkan produk baru sebagai penyedia cloud computing untuk pelanggan eksternalm dan meluncurkan Amzaon Web Service (AWS) tahun 2006.

Awal tahun 2008, Eucalypus menjadi yang pertama open source, AWS API Platform yang kompatibel menyebarkan awan swasta. Open Nebula ditingkatkan dalam proyek Eropa Reservoir Komisi yang sudah didanai. Pada tahun yang sama, agar difokuskan pada penyediaan jaminan kualitas layanan (seperti yang dipersyaratkan oleh aplikasi interaktif real-time) untuk infrastruktur berbasis cloud dalam rangka IRMOS Eropa Proyek yang didanai Komisi. Pertengahan 2008, Gartner melihat kesempatan untuk membentuk hubungan antara konsumen layanan TI, mereka menggunakan layanan TI dan menjualnya. Dan mengamati bahwa “Organisasi layanan TI yang beralih dari perangkat keras milik perusahaan dan aset perangkat lunak untuk digunakan layanan berbasis model sehingga pergeseran diproyeksikan untuk komputasi…..akan menghasilkan pertumbuhan dramatis dalam produk IT di beberapadaerahdan pengurangan yang signifikan di daerah lain.”.

Tanggal 1 Maret 2011,IBM mengumumkan SmartCloud kerangka IBM Smarter Planet untuk mendukung. Di antara berbagai komponen dasar Smarter Computing, cloud computing adalah bagian yang paling penting.

Tahun 1960

John McCarthy, Pakar Komputasi dan kecerdasan buatan dari MIT. “Suatu hari nanti, komputasi akan menjadi Infrastruktur publik seperti halnya listrik dan telepon.” Ini adalah sebuah ide yang mengawali suatu bentuk komputasi yang kita kenal dengan istilah Komputasi awan.

Tahun 1995

Larry Ellison, pendiri perusahaan Oracle. “Network Computing” Ide ini sebenarnya cukup unik dan sedikit menyindir perusahaan Microsoft pada saat itu. Intinya, kita tidak harus “menanam” berbagai perangkat lunak kedalam PC pengguna, mulai dari sistem operasi hingga perangkat lunak lainya. Cukup dengan koneksi dengan server dimana akan disediakan sebuah environment yang mencakup berbagai kebutuhan PC pengguna.

Pada era ini juga wacana “Network Computing” cukup populer. Banyak perusahaan yang menggalang sistem ini contohnya Sun Mycrosystem dan Novell Netware. Disayangkan kualitas jaringan komputer saat itu masih belum memadai, penggunapun cenderung memilih PC karena cenderung lebih cepat.

Akhir Era -90

Lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai dengan kemunculan perusahaan pusat pengolahan data. Ini merupakan sebuah perkembangan pada kualitas jaringan komputer. Akses untuk pengguna menjadi lebih cepat.

Tahun 2000

Marc Benioff, mantan wakil presiden perusahaan Oracle. “salesforce.com” ini merupakan sebuah perangkat lunak CRM dengan basis SaaS (Software as a Service). Tak disangka gebrakan ini mendapat tanggapan hebat. Sebagai suksesor dari visi Larry Ellison, boss-nya. Dia memiliki sebuah misi yaitu “The End of Software”.

2005 – Sekarang

Cloud Computing sudah semakin meningkat popularitasnya, dari mulai penerapan sistem, pengunaan nama, dll. Amazon.com dengan EC2 (Elastic Computer Cloud); Google dengan Google App. Engine; IBM dengan Blue Cord Initiative; dsb. Perhelatan cloud computing meroket sebagaimana berjalanya waktu. Sekarang, sudah banyak sekali pemakaian sistem komputasi itu, ditambah lagi dengan sudah meningkatnya kualitas jaringan komputer dan beragamnya gadget yang ada. Contoh dari pengaplikasianya adalah Evernote, Dropbox, Google Drive, Sky Drive, Youtube, Scribd, dll.

Penerapan

Penulis akan menjelaskan salah satu contoh komputasi modern dalam hal penerapannya yaitu cloud computing. Google Drive adalah contoh penerapan dari cloud computing.  Aplikasi ini dapat kita gunakan dengan mudan dan gratis, untuk menambah kapasitas storage kita dapat membelinya. Penyimpanan file di Google Drive dapat memudahkan pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. File tersebut juga dapat dengan mudah dibagikan dengan orang lain untuk berbagi pakai ataupun melakukan kolaborasi dalam pengeditan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun google disini.

googleGambar 2. Form Sign Up Google

setelah kita berhasil sign up/membuat akun pada google, selanjutnya adalah kita harus melakukan sign in kedalam google tersebut. Setelah sign in dengan akun google yang baru kita buat tadi, maka akan muncul tampilan berikut. Klik tombol warna biru di kiri bawah dengan tulisan “Try Google Drive”.

Gambar 3. Tampilan Awal Google Drive

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

setelah kita menekan/meng-klik tombol “try google drive”, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Gambar 4. Tampilan Awal Google Drive

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

kita sudah dapat menggunakan Google Drive melalui web browser, untk meng-upload file yang akan disimpan di Google Drive, klik tombol warna merah di menu sebelah kanan tepat disebelah tombol bertuliskan Create, yaitu tombol bergambar harddisk dengan tanda panah ke atas, kemudian akan muncul menu pop-up lalu pilih “Files…”, sebagaimana ditunjukkan pada gambar dibawah ini yang di kotak warna merah.

Gambar 5. Tampilan Cara MengUpload File

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

6. Selanjutnya akan muncul windows untuk memilih file mana yang ingin di upload.
Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan google driver sebagai salah satu aplikasi cloud computing yang dapat kita gunakan untuk keperluan sehari – hari dengan menggunakan web browser kita, dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB. Namun google drive tidak hanya bisa di akses melalui web browser saja, kita juga dapat mengupload file – file ke google driver dengan cara men-drag n drop file yang kita inginkan kedalam folder google drive. Dan kita harus meng-instal aplikasi google drive tersebut. Berikut ini saya akan menjelaskan langkah – langkah menggunakan google drive tanpa web browser :
1. Masuk ke dashboard akun Google Drive melalui link ini http://drive.google.com , isi dengan username dan password yang dimiliki.

Gambar 6. Log In google

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

2. Pada halaman ini, klik link yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar untuk mendownload software Google Drive yang akan di install di komputer.

Gambar 7. Tampilan men-Download Google Drive untuk PC

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

3. Kemudian klik tombol “Accept and Install”

Gambar 8.Tampilan men-Download Google Drive untuk PC

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

 

4. Selanjutnya proses download akan langsung mulai

Gambar 9.Tampilan Instal Google Drive untuk Windows

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

5. Setelah download selesai, selanjutnya akan diminta memasukkan username dan password akun google.

Gambar 10.Tampilan Sign In pada Windows

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

6. Setelah mengklik tombol Sign in, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini, klik Next.

Gambar 11.Tampilan Memulai Google Drive for PC

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

7. Berikutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik tombol Start Sync, maka proses selanjutnya akan ada sebuah folder Google Drive di komputer yang isi folder tersebut akan disinkronisasikan dengan file yang ada di akun Google Drive.

Gambar 12.Tampilan Mengsingkronisasi

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

8. Sampai disini proses instalasi telah selesai, folder Google Drive akan berisi file yang sama dengan yang tersimpan di akun Google Drive di internet.

Gambar 12.Tampilan File – File yang Sudah di Singkron-kan

(sumber : http://evvayulinda.blogspot.com/)

SIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa konsep komputasi modern membantu dalam penyelesaian masalah pada manusia seperti salah satu contoh diatas yaitu aplikasi Google Drive (cloud computing) yang membantu user dalam menyimpan data yang dapat diambil sewaktu-waktu tanpa harus menuju tempat dimana user menyimpannya pada kali pertama dan yang pastinnya harus terkoneksi jaringan internet karena jika tidak, file tidak dapat diunduh.

 

DAFTAR PUSTAKA

Wikipedia Indonesia. 29, Maret, 2014. Komputasi Awan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

Yulinda, Evva. 29, Maret, 2014. Cara Mudah Menggunakan Google Drive

http://evvayulinda.blogspot.com/2012/12/cara-mudah-menggunakan-google-drive_8826.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s