Wawancara tentang pandangan hidup mahasiswa

Posted: May 7, 2011 in TUGAS

Sebelum saya mewawancara singkat tentang pandangan hidup beliau,saya akan menceritakan sedikit tentang biografi beliau,nama beliau adalah Putri Handayani,beliau lahir di Yogyakarta tanggal 30 september 1992, beliau sekarang sedang berstudy di Universitas Muhammadiah Jakarta kampus A Cempaka Putih, Program studi Ilmu keperawatan Fakultas kedokteran dan kesehatan.

Sebelum saya mewawancarai beliau saya sempat berfoto bersama beliau ditempat kediaman dia tinggal:

saya juga sempat meminta izin untuk memfoto beberapa sertifikat yang beliau miliki dalam seminar tentang keperawatan dan kesehatan :

beliau menggunakan almamater universitasnya dan saya yang berada disampingnya,baiklah saya akan memberitahukan hasil wawancara dengan beliau  tentang pandangan hidupnya:

saya akan memberi keterangan tentang inisial percakapan saya dengan beliau :
F : adalah nama panggilan saya dari nama asli saya (Nur Fadly Muhammad)

P : adalah nama panggilan dari narasumber (Putri Handayani)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

F : selamat malam mba putri,sebelumnya saya berterima kasih kepada mba karena mba telah mau memberikan waktunya kepada saya untuk di wawancara.

P : selamat malam juga ,iya mungkin saya juga berterima kasih karena ada orang yang mau mewawancara saya,jarang2 loh mas ada yang wawancara saya selain kamu ini..

F : oke mba langsung saja ya pada pertanyaan pertama saya,siap mba?

P : oke siap sekali..

F : bisa diceritakan pada awalnya kenapa anda memilih jurusan S1 Keperawatan?

P : Hmmm…. Sebernya sih saya Tidak sengaja,karena sebelumnya saya ingin masuk ke Jurusan geografi. Dan dalam jurusan S1. Sayag hanya coba – coba namun karena jiwa saya adalah jiwa kesehatan,maka jurusan itu yang saya pilih…

F : Di Universitas manakah anda berkuliah?

P : Di Universitas Muhammadiah Jakarta kampus A Cempaka Putih, Program studi Ilmu keperawatan Fakultas kedokteran dan kesehatan….

F : bagaimana ceritanya anda dapat diterima di Universitas tersebut?¿

P : Ya seperti pada umumnya,saya mengikuti ujian tulis, psikotes,tes kesehatan,dll….

F : oowwwhhh,begitu y mba…

F : Mengapa anda memutuskan untuk memilih fakultas tersebut?¿

P : Karena setelah di pikir – pikir, memang hati saya lebih menuju ke S1 keperawatan selain itu saya juga ingin menjadi dosen keperawatan…

F : Dalam proses perkuliahan anda memdudukin jabatan sebagai apa mba?¿

P : pada semester 1, saya tidak menjabat sebagai apa – apa. Namun setelah semester 2 saya menjabat sebagai sipend Al – Islam…

F : Maksud dari sipend itu sendiri apa ya mba?? dan tolong jelaskan apa tugasnya?

P : sipend adalah seksi pendidikan,bertugas untuk mengkonfirmasi mata kuliah Al-Islam dan bertanggung jawab dalan mata kuliah Al-Islam itu sendiri…

F : waaaaahhhhhh,besar juga ya tanggung jawab anda sebagai sipend…

F : Tantangan terbesar apa yang pernah anda alami pada saat menjalankan tugas sebagai sipend??

P : saya pernah disinggung,di caci maki,di hina oleh teman – teman saya. Di bentak – bentak oleh dosen koordinator…

F : wahh benar – benar berat sekali tantangan anda saat menjalankan tugas sebagai sipend,mungkin kalau saya yang menjalankan tugas itu sudah saya ajak berkelahi tuh teman – teman saya…. hahahhahha

F : Pada awal anda menjadi sipend apa tanggapan teman – teman anda mba???

P : teman – teman sih setuju – setuju saja mas,karena itu semua keputusan dosen koordinator….

F : ohhh iya,mba ini kan juga mempunyai jadwal mata kuliah yang lain, apakah jadwal tugas sipend itu sendiri bentrok dengan jadwal mata kuliah anda yang lainnya??

P : sebenarnya jadwal sipend itu hari selasa pukul 13.00 , namun setekah di konfirmasi oleh sipend mata kuliah lain, akhirnya berpindah jadwal menjadi hari selasa pukul 10.00-12.00

F : wah benar – benar hebat sekali anda bisa melakukan itu semua…

F : sebenarnya cita – cita mba ini sejak kecil apa sih??

P : cita – cita saya sejak kecil adalah ingin menjadi dokter,tapi karena keterbatasan biaya saya memutuskan untuk mengurungkan niat saya menjadi dokter…

F : menurut mba pandangan hidup apa sih yang baik untuk mahasiswa??

P : tertib dalam bertindak,disiplin dengan peraturan – peraturan yang ada, jujur dalam perkataan,dan pinter memanfaatkan waktu luang…

F : setelah anda lulus kuliah ini apa rencana mba selanjutnya??

P : saya ingin mencari pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai perawat, kemudian meneruskan kulliah S2…

F : owh iya mba, motivasi apa sih yang bisa membujuk anak muda sekarang agar tidak terjerumus kedalam pergaulan yang bebas zaman sekarang ini???

P : Dasarnya adalah setiap individu harus memiliki landasa AGAMA yang kuat,dimulai dari situ pasti tiap individu memiliki pandangan hidup yang cerah…

F : wahhh jawaban yang sangat mulia sekali mba,,, sepertinya cukup sampai disini dulu ya mba,saya sudah dapat memetik kesimpulan dari pandangan hidup mba ko`,terimakasih atas waktu luangnya ya mba putri… (^_^)

P : iya sama – sama mas fadly,saya juga senang bisa berbagi pengetahuan dan pengalam sama mas….😀

Demikianlah wawancara yang saya tanyakan tentang pandangan hidup beliau,banyak kisah atau kesimpulan dari pandangan beliau,tentang betapa pentingnya waktu dan juga tanggung jawab terhadap diri sendiri dan juga orang lain,,,,

dari wawancara ini saya banyak memetik kesimpulan,yaitu kita harus tertib dalam bersikap,disiplin dengan peraturan – peraturan yang ada,jujur dalam perkataan kita didunia ini,pintar dalam memanfaatkan waktu luang kita… selain itu juga kita harus mensyukuri semua pemberian-Nya kepada kita semua dalam dunia ini,,, kita juga harus memperkuat keimanan kita dan memperkuat landasan agama kita agar kita tidak terpengaruh kedalam pergaulan zaman sekarang yang terlalu bebas…

Sekian ulasan tentang bagaimana saya mewawancara narasumber yang mau berbagi pandangan hidupnya  dengan saya,semoga pembaca sekalian mengambil manfaat dari wawancara ini,sebelumnya terimakasih banyak juga untuk narasumber dan juga dosen saya yang telah memberikan ini. sekian dari saya,Wasalam…..

Leave a Reply

