Tugas Internet Dasar

Posted: March 17, 2011 in Uncategorized

PENGERTIAN WEB SITE

Sedangkan website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

Macam-macam situs web

Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.

Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa diantaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa termasuk didalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya tetap terjaga.

Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang diubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.

Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, Academia, dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan 2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun kependekan dari World Wide Web.

Unsur-unsur yang harus ada dalam penyediaan Website atau situs di antaranya sebagai berikut.

1. Nama Domain (Domain name / URL –Uniform Resource Locator)

Alamat unik di dalam dunia maya (internet) yang berguna untuk menemukan sebuah website. Umumnya URL ini di perjualbelikan dengan sistem sewa tahunan. Dan biasanya di belakang URL ini mepunyai akhiran sesuai dengan lokasi dan kepentingan atas di buatnya website tersebut. Contohnya: .co.id

2. Rumah Tempat Website (Web Hosting)

Web Hosting merupakan ruangan yang terdapat dalam harddisk sebagai tempat penyimpanan data, file, video, email, database,dll yang nantinya akan ditampilkan di dalam  website tersebut.

3. Bahasa Program (Scripts Program)

Bahasa Program mrupakan bahasa yang digunakan untuk menterjemahkan setiap perintah pada saat website tersebut sedang dijalankan.contoh dari bahasa program, yakni HTML, PHP, Java Script, XML, JSP, dll

4. Desain Website

Pendesainan website merupakan hal yang penting. Faktor userfriendly harus diterapkan dalam pembuatan desain sebuah website. Membuat pemakai website merasa nyaman dan mudah dalam penggunaannya membuat pemakai website akan terus mengunjunginya.

5. Program Transfer Data ke Pusat Data

FTP (File Transfer Protocol) merupakan akses yang diberikan pada saat kit memesan web hosting, FTP berguna untuk memindahkan file-file website yang ada pada komputer kita ke pusat web hosting agar dapat terakses ke seluruh dunia.

PENGERTIAN BLOG

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd, PDF, dll), gambar ataupun multimedia.

Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

Blog merupakan media komunikasi yang paling populer saat ini. Jutaan webmaster menggunakan blog untuk berkomunikasi dan berbagi informasi setiap hari. Sehingga blog sudah lebih dari sebuah website informasi. Untuk memiliki blog juga mudah. Anda tidak perlu belajar bahasa HTML atau web design yang memusingkan. Dan yang terpenting adalah membuat blog itu gratis. Salah satu situs yang memberikan layanan ini adalah Blogger.

Blog seringkali ditulis oleh seseorang dan diupdate secara berkala. Blog seringkali dtulis dengan satu topik khusus, seperti fotografi, spiritualitas, resep, diary pribadi, hobi, dan masih banyak lagi meskipun juga banyak yang mencampur adukkan topik pembahasannya seperti blog saya ini

SEJARAH BLOG

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.

Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.

Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:

  1. Melalui weblog, kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.

Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide – ide dan kemauan para Blogger.

Macam-macam Blog Gratisan

1. WordPress.com

2. Wokaylah.com

3. Blogger/blogspot

4. Blogster.com

5. Blog Rediff (Rediffland.com)

6. Blogsome.com


WEB PORTAL

Pengertian dari portal web adalah sebuah situs yang berfungsi untuk meletakkan informasi di WWW. Sebuah pertal web pastinya akan menampilkan informasi yang terkolaborasi dengan desain dan beragam tampilan.

Oleh karena itu, tampilan sebuah web portal akan lebih konsisten di halaman-halamannya, dan juga memiliki struktur kontrol dan prosedur untuk berbagai aplikasi web. Lalu, mengapa web portal itu dapat dikatakan penting?

Hal ini karena sebuah perusahaan atau individu, biasanya memiliki berbagai macam informasi yang ingin ditampilkan dalam sebuah tempat yang terintegrasi.

Berikut ini merupakan keuntungan penggunaan web portal dibandingkan halaman website biasa yang terpisah-pisah :

  • Adanya integrasi aplikasi dan pengaksesan ke isi portal maupun aplikasi sesuai dengan kewenangan pengunjung.
  • Komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik.
  • Data yang diakses akan menjadi satu kesatuan dan aksesnya real time.
  • Lebih mudah memodifikasi isi dan melakukan maintenance portal.

Sebuah portal memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut :

  • Memiliki tampilan look dan feel yang seragam.
  • Adanya header dan footer, dan tampilan header dan footer tersebut umumnya seragam di seluruh halaman yang ada di portal. Ada juga skema warna, ikon, logo, dan sebagainya yang memberikan kesan dan tampilan yang seragam dan sama.
  • Adanya blok-blok yang menampilkan informasi dalam bagian-bagian tertentu di halaman, atau dengan kata lain menggunakan layout yang baik.
  • Kotak-kotak blok tersebut diletakkan dalam tampilan yang saling berkaitan antara waktu dan eksistensinya.

Saat ini sudah sangat banyak website-website yang berbasiskan web portal, seperti kompas.com, okezone.com, vivanews.com, cnn.com, dan lain sebagainya.

Pengertian web browser


Adalah suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan informasi. Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin. Untuk mengakses informasi yang disediakan web ini, diperlukan berbagai perangkat lunak, yang disebut dengan web browser.

WebTV
Penulisan lain dari web tv.
weber
adalah satuan SI untuk memperoleh unit fluks maknetis (disingkatWb).
Web tv
Layanan acara televisi yang ditayangkan melalui halaman web.
weblog
disebut juga dengan blog saja, merupakan catatan harian yang ditayangkan secara online. catatan ini …
web.id
Cirikhas domain internet Indonesia yang bebas digunakan oleh siapa saja.

Contoh web browser     :

1). MOZILLA FIREFOX –> Cepat, aman dan kaya tampilan.
Download di http://www.mozilla.com

2). OPERA –> Cepat dan tampilan halaman yang web yang optimal dan memukau.
Download di http://www.opera.com

3). INTERNET EXPLORER –> Web browser bawaan windows.
Download di http://www.microsoft.com

4). SAFARI –> Web browser khas macintosh.
Download di http://www.apple.com

5). GOOGLE CHROME –> Web browser yang dikembangkan oleh google.
Download di http://www.google.com/chrome

6). AVANT BROWSER –> Web browser berbasis internet explorer namun dengan tampilan yang lebih elegan
Download di http://www.avantbrowser.com

7). FLOCK –> Web browser yang ditujukan buat penggila social enginering.
Download di http://www.flock.com

Syntax Pada GOOGLE

Syntax Intitle:berfungsi untuk mencari kata-kata dari judul atau title dari

suatu dokumen website. Sebagai contoh, Anda memberikan kata kunci sebagai

berikut: Intitle:Jakarta .Kata kunci tersebut akan menghasilkan pencarian dengan judul halamanJakarta

Syntax  Allinurl: google akan melakukan pemcarian data dalam syntax URL tertentu. Sebagai contoh, bila anda memasukkan kata kunci allinurl:index.jsp, maka google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata-kata

index.jsp di semua UR

Syntax Filetype:kata kunci tersebut digunakan untuk melakukan pencarian atas jenis file tertentu yang berisi informasi yang kita inginkan. Jenis format file tersebut diantaranya adalah PDF, TXT, DOC, XLS, HTML, PHP, SWF, RTF, PPT, MDB, dan lain-lain. Untuk mencari informasi tentang hacking windows dalam format .pdf, anda dapat memasukkan keyword:

Filetype:PDF “Hacking Windows”,

Google akan menampilkan informasi seputar hacking windows dalam format .pdf

Syntax  Cache:dalam hal ini, google akan menampilkan versi dari sebuah webpage pada saat membukanya, di mana google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator itu membantu melihat halaman- halaman yang telah di-cache. Anda dapat mengetikkannya di google dengan kata kunci “cache:www.yahoo.com”

Syntax Site :berfungsi mencari dalam suatu site tertentu, dimana google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan situs tersebut. Sebagai contoh, bila Anda ingin mengetahui isi dari situsgoogle.com. Hasil pencarian akan menampilkan semua halaman yang tersimpan dalam google.com

Syntax Link :berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak link dari situs tertentu.

Sebagai contoh, bila anda ingin mengatahui banyaknya link dariyahoo.com, maka

anda dapat memasukkan keyword link: www.yahoo.com

Syntax Related:berguna untuk mencari halaman yang memiliki kesama atau

kemiripan isi pada URL tertentu. Misalnya, anda ingin mengetahui kesamaan isi

yahoo.com, maka anda bisa memberikan keywordrelated:yahoo.com

Syntax Define :berguna untuk mencari suatu definisi dari suatu kata atau frase tertentu. Misalnya anda ingin mengetahui definisi tentang webpage. Selanjutnya, anda dapat mengetikkan kata kuncidefine:webpage. Selanjutnya, google akan menampilkan beragam definisi tentang webpage tersebu

Search Engine

Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.

Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut.

Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. Berbeda dengan web directory yang meng-index halaman website di internet secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s